Alkaline-C


Pentingnya Vitamin C Bagi Tubuh

Vitamin C penting untuk hidup sehat dan merupakan bagian tak terhindarkan dari kesehatan yang optimal. Vitamin C penting untuk organisme hidup karena mempunyai sifat sebagai antioksidan.  Vitamin C merupakan antioksidan  yang larut dalam air yang sangat penting bagi kehidupan dan menjaga kesehatan secara optimal. Ia dibutuhkan untuk fungsi berbagai metabolic dalam tubuh. Hampir tidak ada atau sangat sedikit, fungsi-fungsi biologis yang tidak membutuhkan Vitamin C.

Vitamin C berperan penting dalam menjaga sistem imun agar bekerja secara efisien dan membantu membentuk kolagen, menstabilkan jaringan dalam tulang, otot, dan kulit. Sebagai antioksidan, Vitamin C merupakan salah satu pertahanan terbaik kita terhadap radikal bebas yang mempunyai efek merusak sel. Selain sebagai antioksidan, Vitamin C juga dapat mencegah berbagai jenis kanker untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Vitamin C sering disebut sebagai rajanya vitamin, karena vitamin C memang memiliki banyak manfaat. Selain bersifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, vitamin C juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin C sangat dibutuhkan, terutama di kota besar. Kegiatan di kota besar yang sangat sibuk dan padat sering menyebabkan pola hidup yang tidak sehat. Pola makan yang tidak teratur, jenis makanan siap saji yang dikonsumsi sering mengakibatkan tubuh tidak mendapatkan zat-zat nutrisi yang seimbang. Belum lagi tingkat stress yang tinggi dan radikal bebas berupa polusi dari asap kendaraan bermotor dan rokok, serta lainnya, makin bertebaran. Semua itu membuat tubuh rentan terhadap berbagai gangguan kesehatan. Daya tahan tubuh mudah menurun dan serangan radikal bebas membuat sel-sel tubuh mudah rusak dan tak mampu berfungsi dengan baik. Salah satu akibat dari proses kerusakan secara cepat itu adalah proses penuaan lebih dini.

Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan

Berbagai manfaat vitamin C bagi kesehatan antara lain :

  1. Membantu Pertumbuhan
    Vitamin C diperlukan tubuh untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan seluruh bagian tubuh. Vitamin C digunakan untuk membentuk collagen, protein untuk pembentukan kulit, tendon, ligamen, dan pembuluh darah. Selain itu juga digunakan untuk proses penyembuhan luka, dan perbaikan serta memelihara tulang dan gigi.
  2.  Mencegah Penuaan Dan Memperbaiki Kulit
    Vitamin C juga merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas. Dalam jumlah yang cukup, vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi. Radikal bebas adalah salah satu faktor penyebab penuaan dini.
  3. Mengurangi Stres
    Vitamin C dapat membantu mengurangi stres. Saat stres, tubuh akan memproduksi radikal bebas dalam jumlah besar dibandingkan biasanya. Vitamin C bertindak sebagai antioksidan kuat yang mampu menangkal radikal bebas dengan efektif. Selain membantu Anda mengurangi stres, vitamin C dalam tubuh yang cukup juga membantu mengembalikan tekanan darah dan kortisol (hormon stres) ke tingkat normal.
  4. Membantu Mencegah Stroke
    Walau masih terus dikaji, sebuah studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan tubuh yang memiliki kadar vitamin C yang tinggi berisiko 42 persen lebih rendah mengalami stroke dibanding yang kekurangan vitamin C.
  5. Melawan Kanker
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa wanita yang mengasup banyak vitamin C dari makanan seperti buah-buahan atau sayur (bukan suplemen), memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. Bahkan beberapa riset mengindikasikan vitamin C sebagai racun bagi sel-sel kanker tertentu.
  6. Melindungi Jantung
    Sebuah  penelitian terbaru menyebutkan konsumsi 300 miligram vitamin C sehari dari makanan maupun suplemen mampu menurunkan risiko penyakit jantung.
  7. Influenza
    Ketika musim flu sedang tiba, vitamin C bukanlah obat yang manjur. Namun, beberapa riset menunjukkan vitamin C membantu mencegah komplikasi akibat flu, seperti radang paru atau infeksi paru.
  8. Membantu Menurunkan Berat Badan
    Vitamin C telah terbukti menjadi faktor penting terjadinya biosintesis molekul kecil seperti protein yang disebut carnitine. Carnitine berperan mengarahkan molekul lemak ke sel-sel jaringan di mana pembakaran lemak terjadi. Kurangnya molekul lemak selama proses metabolisme dapat menyebabkan penurunan energi dan kelelahan. Oleh karena itu, jika kadar carnitine dalam tubuh menurun maka akan terjadi penimbunan lemak.
  9. Mempercepat Pemulihan
    Vitamin C dibutuhkan oleh semua orang, baik orang yang ingin fit dalam melakukan rutinitas sehari-hari, maupun seorang atlet professional. Vitamin C membantu menjaga kekebalan tubuh dan membantu olahragawan dalam proses pemulihan tubuhnya setelah melakukan latihan yang berat.

Kebutuhan Vitamin C Bagi Tubuh

Tahukah Anda, berapa rata-rata kebutuhan Vitamin C bagi tubuh setiap harinya?.

Peneliti dari University of Michigan, Mark Moyad, mengatakan bahwa penting sekali mengetahui kebutuhan vitamin C untuk tubuh.

“Semakin banyak kita mempelajari vitamin C, semakin baik juga pemahaman tentang melindungi kesehatan kita, mulai jantung, kanker, stroke, kesehatan mata, kekebalan tubuh dan kulit,” ujar Moyad tentang manfaat Vitamin C.

Lanjut Moyad, untuk mendapat hasil yang ideal dibutuhkan 500 mg Vitamin C setiap harinya. Angka tersebut lebih tinggi dari kecukupan gizi yang direkomendasikan RDA di Amerika sebesar 75 – 90 miligram perhari untuk orang dewasa. Selain mengkonsumsi buah dan sayuran, diperlukan juga suplemen makanan untuk mendapatkan manfaat yang lengkap.

“Kebanyakan orang tidak rutin mengkonsumsi buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan Vitamin di tubuhnya. Dengan konsumsi suplemen sehari sekali tentunya akan aman, efektif, dan mudah dilakukan,” kata Moyad.

“Batas atas aman konsumsi vitamin C adalah 2.000 miligram per hari, namun hanya dengan 500 miligram setiap hari saja sebenarnya sudah memberi hasil yang optimal,” lanjutnya.

Vitamin C dan Kesehatan

Vitamin C penting untuk hidup sehat dan merupakan bagian tak terhindarkan dari kesehatan yang optimal. Vitamin C penting untuk organisme hidup karena mempunyai sifat sebagai antioksidan.

Alkaline-C, Solusi Kebutuhan Vitamin C Anda

Ada tiga jenis persenyawaan vitamin C yaitu asam askorbat, kalsium askorbat, dan sodium askorbat. Umumnya vitamin C yang tersedia dan dijual bebas di pasaran adalah berjenis asam askorbat dan kalsium askorbat. Kedua jenis vitamin C ini bersifat asam sehingga apabila dikonsumsi dalam dosis yang berlebihan akan menyebabkan iritasi lambung dan karenanya sangat tidak dianjurkan bagi penderita penyakit lambung (maag).

Alkaline-C adalah vitamin C dalam bentuk Sodium Askorbat  yang bersifat basa (tidak asam) dengan kisaran Ph 7.5-7.8. Dengan sifatnya yang basa, maka Alkaline-C sangat aman dikonsumsi oleh siapa saja bahkan bagi penderita penyakit lambung (maag) dikarenakan tidak akan menyebabkan iritasi pada lambung.

Keunggulan Alkaline-C antara lain :

  1. Bersifat alkali/basa (tidak asam)
  2. Aman bagi lambung sehingga cocok untuk penderita maag
  3. Cepat larut sehingga cepat terserap dan cepat memberikan manfaat
  4. Digunakan dalam perawatan medis
  5. Sodium Askorbat pada Alkaline-C sangat terjamin kualitas dan keamanannya dikarenakan diformulasikan di Swiss sesuai standar GMP Eropa

Sangat penting memilih suplemen vitamin C yang tepat dan aman bagi anda, juga dengan dosis yang sesuai kebutuhan agar vitamin C tidak terbuang sia-sia sehingga memberikan manfaat yang maksimal pada tubuh sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, konsumsi buah-buahan dan sayuran tentunya tetap dibutuhkan karena akan mendapatkan kadar vitamin dan mineral lain untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

Alamat

PT. Cresindo Mitra Sejahtera
Ruko Darwin Blok DRWT No. 28
Jl. Scientia Boulevard Utara
Summarecon Serpong-Tangerang
Telp/Fax: 021-22221592

Media Sosial

Jumlah Pengunjung

Visits since 2016

Your IP: 35.173.234.237